TIPE MANUSIA DI AKHIR JAMAN

Kebaktian GBI Golden, Pdt. Harianto
Tgl 9/1/2000, Pk. 08.00-10.00

Matius 2 : 1-12
Dalam Matius 2 ini merupakan gambaran dari tipe2 manusia di akhir jaman. Ini sehubungan dg reaksi mereka dalam menyambut kelahiran Yesus yt :

Kelompok I : Raja Herodes (ayat 1)
Herodes menggambarkan tipe manusia yg sadis. Selalu hidup dalam ketakutan, kuatir, iri hati, bersifat keduniawian.

Kelompok II : Gembala
Mendengar berita kelahiran Yesus, mereka sukacita, menyiapkan diri baik-baik. Tapi setelah itu tidak ada lagi hubungan dgn Yesus. Tipe orang kristen kapal selam yg datang ke gereja pada hari2 tertentu. Pada wkt ada keperluannya. (Suam2 kuku spt 5 gadis yg bodoh).

Kelompok 3 : Orang majus
Orang majus – kelompok org yg cerdik cendekiawan dan pintar. Mereka ahli perbintangan shg mereka tahu arti bintang di Timur. Dan, setelah tahu mereka datang dari Persia dg hati berkobar-kobar utk melihat bayi Yesus. Padahal mereka harus melalui banyak hambatan selama dalam perjalanan.

Apalagi pada masa itu tidak ada mobil atau pesawat. Ini adalah tipe orang yg pantang menyerah. Maka orang majus itu akhirnya bertemu Tuha.
Mereka juga tidak membawa alat2 penunjuk jalan. Mereka hanya dituntun oleh bintang shg dpt tiba.

Bintang artinya tuntunan Tuhan pada manusia pribadi lepas pribadi. Tanpa tuntunan Tuhan, mereka tidak akan tahan terhadap hambatan2 selama di jalan. Ini artinya mereka tidak mengandalkan diri sendiri. Tapi mengandalkan Tuhan.

Apa yang akan terjadi di tahun 2000?
Kemuliaan Tuhan akan turun sehingga terjadi pelipatgandaan. Milik kita akan berlipat ganda dan terjadi mujizat, sakit penyakit disembuhkan.

Setelah ketemu bayi Yesus, orang majus itu memberikan sesuatu. Persembahan mereka artinya menaklukkan dirinya, tunduk dan menyerahkan diri total serta minta perlindungan pada bayi Yesus itu.

Mereka mempersembahkan :
1. Mas
Artinya barang yg bernilai, berharga. Apa yang berharga/ bernilai dalam hidupmu, serahkan pada Tuhan secara total.

2. Kemenyan
sejenis getah yg jika dibakar menimbulkan wangi2an. Bau yg harum. Melambangkan doa, pujian dan penyembahan. Tingkatkan kehidupan doa, pujian dan penyembahan.

3. Mur
Berasal dari getah sebuah pohon. Mur bicara soal kematian. Sekali Yesus tetap Yesus. Setelah ketemu Yesus, mereka pulang ambil ‘jalan’ lain. Jika kita masih spt tipe Herodes/tipe gembala, ambil ‘jalan’ lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 PERKARA YANG MENYENANGKAN HATI TUHAN

3 DOSA YANG MENGIKAT KITA

SAMAKAN FREKUENSI MU DENGAN FREKUENSI TUHAN